3 Cara Menghidupkan Mobil yang Akinya Mati/Soak

3 Cara Menghidupkan Mobil yang Akinya Mati/Soak
Mungkin Anda pernah mengalami kejadian yang menjengkelkan seperti ini, yaitu saat sedang terburu-buru akan pergi atau sedang berada di kawasan parkir tiba-tiba mobil tidak dapat distarter sebab aki mobil mati/ soak, dan hal itu terjadi  secara tiba-tiba tanpa ada gejala yang dapat Anda rasakan sebelumnya.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan aki mobil dapat menjadi soak tanpa disadari.

Mungkin saja ketika meninggalkan kendaraan Anda lupa untuk mematikan sistem kelistrikan seperti lampu depan, radio atau pun pintu tidak tertutup rapat sehingga lampu kabin terus menyala.

Jika hal tersebut berlangsung  dalam waktu yang cukup lama maka dapat menyebabkan aki menjadi soak, dan kendaraan tidak akan hidup saat distarter.

Aki yang soak bisa juga terjadi sebab sistem pengisian aki mobil yang tidak berfungsi dengan benar, sehingga ketika kendaraan berjalan tenaga listrik yang tersimpan di aki akan habis terpakai.

Saat kendaraan sudah hidup seharusnya seluruh kebutuhan listrik harus dapat ditanggung oleh alternator dan aki ketika itu selalu dijaga dalam kondisi penuh oleh alternator, sehingga akan selalu siap ketika distarter.

Oleh sebab itu hindarilah memasang aksesoris kelistrikan yang berlebihan pada kendaraan dan melebihi kemampuan alternator mensuplai tenaga listrik ketika mobil sudah hidup.

Faktor lain yang dapat menyebabkan aki menjadi soak secara mendadak yakni perawatan yang tidak benar pada aki, misalnya tidak pernah menambah air aki sehingga membuat sel-sel aki menjadi kering.

Kondisi kepala aki yang kotor atau berjamur juga dapat menyebabkan kendaraan tidak bisa distarter, oleh karena itu lakukanlah pemeriksaan aki dengan benar.

Namun jika hal itu sudah terjadi, apa yang dapat kita lakukan sehingga kendaraan dapat dihidupkan ?

Langkah Menghidupkan Mobil yang Akinya Soak/Mati

Kalau kebetulan posisi kendaraan saat itu dekat dengan toko sparepart yang menjual aki mungkin tidak terlalu masalah, tapi jika sebaliknya, hal tersebut pasti sangat mengganggu.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghidupkan kendaraan dengan aki yang soak selain dengan mengganti aki.
  • Di Jumper dengan menggunakan kendaraan lain atau kabel jumper
  • Dijumper dengan menggunakan bantuan alat charging
  • Dengan didorong menggunakan bantuan orang lain ( khusus untuk kendaraan dengan transmisi Manual )
Mari kita bahas satu-persatu

1. Dengan menggunakan kendaraan lain dan kabel jumper.

Mobil yang akinya soak dapat coba dihidupkan dengan bantuan mobil lain atau istilahnya dipancing dengan menggunakan kabel jumper.

Oleh sebab itu sangat disarankan kabel jumper ini selalu  tersedia di dalam mobil, khususnya pada kendaraan yang menggunakan tranmisi otomatis.
3 Cara Menghidupkan Mobil yang Akinya Mati/Soak

Karena kendaraan dengan transmisi otomatis tidak dapat dihidupkan dengan cara didorong.

 Mobil yang akan digunakan untuk membantu menghidupkan kendaraan yang akinya soak harus mempunyai kapasitas aki yang lebih besar atau minimal sama dengan mobil yang mogok.

Pertama hidupkan kendaraan bantuan tersebut, kemudian hubungkan kabel jumper yang berwarna merah ke terminal positif aki, kemudian hubungkan kabel jumper yang berwarna hitam ke terminal negatif aki.

Hati – hati ketika melakukan hal tersebut, jangan sampai kedua kepala jumper bersentuhan sebab hal ini dapat menyebabkan hubungan singkat (korsletting) dan aki menjadi rusak.

Kemudian hubungkan kabel jumper yang berwarna merah ke terminal positif kendaraan yang mogok dan kabel jumper yang warna hitam ke terminal negatifnya.

Setelah itu mintalah seseorang untuk menginjak pedal gas kendaraan yang memberikan bantuan, dan tahan Rpm-nya diatas angka 2000. Putar kunci kontak kendaraan yang mogok untuk melakukan starting hingga mobil tersebut dapat hidup,

Jika kendaraan sudah hidup injak pedal gas untuk menaikkan rpm hingga 2000. Kemudian lepaskan kabel jumper dari kedua kendaraan tersebut. Biarkan kendaraan hidup beberapa ketika ( sekitar 10-15 menit ) hingga alternator melaksanakan pengisian.

Setelah itu coba matikan kendaraan tersebut dan kemudian hidupkan lagi, apabila kendaraan sudah dapat dihidupkan dengan normal berarti aki sudah kembali terisi penuh.

Namun jika setelah dimatikan, kendaraan kembali tidak dapat hidup ketika distarter berarti ada kemungkinan aki sudah benar-benar soak dan sudah tidak bisa menyimpan tenaga listrik, segeralah ganti aki tersebut di toko sparepart atau bengkel langganan Anda.

2. Dengan menggunakan bantuan alat charging

Alat ini dapat digunakan jika lokasi kendaraan yang mogok terdapat sumber listrik yang dapat digunakan untuk menghidupkan alat charger tersebut.

Menggunakan alat ini cukup mudah, pasang kabel warna merah ke terminal positif aki, pasang kabel warna hitam ke terminal negatif aki, apabila pada alat tersebut ada pilihan angka 12 V atau 24 V maka pilihlah yang sesuai dengan aki mobil. Dalam hal ini pilihlah angka 12 V.
3 Cara Menghidupkan Mobil yang Akinya Mati/Soak

Kemudian colokkanlah stekker alat charger tersebut ke sumber listrik dan kemudian hidupkanlah kendaraan Anda tersebut.

3. Dengan didorong orang lain

Jika ternyata 2 cara tersebut diatas tidak memungkinkan untuk Anda lakukan, mungkin langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menghidupkan kendaraan dengan cara didorong, namun hal itu hanya berlaku untuk mobil-mobil yang menggunakan transmisi manual.
3 Cara Menghidupkan Mobil yang Akinya Mati/Soak

Mobil yang menggunakan transmisi otomatis tidak dapat dihidupkan dengan cara di dorong, mobil seperti itu hanya dapat dihidupkan dengan cara mengganti akinya atau di jumper dengan menggunakan bantuan kendaraan lain atau alat charger.

Langkah pertama yang harus diperhatikan sebelum menghidupkan kendaraan yakni perkirakan jarak akselerasinya apakah cukup panjang hingga kendaraan bisa hidup.

Kemudian putar kunci kontak pada posisi ON, injak dan tahan pedal kopling, masukkan transmisi pada posisi gigi 2 atau 3.

Mintalah bantuan orang lain untuk mendorong kendaraan Anda dengan kecepatan yang cukup. Saat kendaraan sudah mulai bergerak dan meluncur dengan kecepatan yang cukup lepaskan pedal kopling sambil imbangi dengan menginjak pedal gas.

Hati – hati ketika kendaraan sudah hidup jaga jangan sampai mati lagi, tahan pedal gas pada rpm 2000 untuk membantu proses pengisian baterai oleh alternator.

0 Response to "3 Cara Menghidupkan Mobil yang Akinya Mati/Soak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel