Menganalisa Kondisi Mesin Mobil Melalui Warna Asap Knalpot
Wednesday, January 17, 2018
Add Comment
Knalpot yang mengeluarkan asap yang tidak normal adalah indikator adanya problem pada mesin. Asap pada knalpot bisa mengambarkan ada problem pada mesin. Jika mesin bensin bekerja dalam kondisi yang baik tidak akan menghasilkan asap pada knalpot.
Asap tipis putih yang keluar dari knalpot kendaraan di pagi hari merupakan hal yang wajar karena adanya uap air diujung pipa knalpot. Selain itu kalau tampak kepulan asap keluar dari knalpot berarti ada sesuatu yang salah dengan mesin kendaraan tersebut.
Oli yang terbakar di dalam silinder juga dapat mengkontaminasi catalityc converter dan oksigen sensor dan meningkatkan konsumsi oli mesin.
Jika asap putih tersebut merupakan coolant yang terbakar maka kemungkinan penyebabnya kerusakan gasket cylinder head atau ada retak pada cylinder head itu sendiri.
Jika asap putih tersebut berasal dari oli transmisi otomatis yang terbakar kemungkinan oli transmisi otomatis tersebut terhisap masuk ke dalam mesin melalui vacuum hose yang menuju ke transmisi otomatis.
Sedangkan pada mesin diesel kemunculan asap putih tersebut karena bahan bakar yang tidak terbakar atau dari coolant. Pada suhu yang sangat dingin munculnya asap putih juga mampu dianggap wajar namun biasanya akan segera hilang dikala kendaraan sudah dijalankan.
Timing Injektor yang tidak sempurna dan kompresi salah satu silinder yang rendah juga dapat menghasilkan asap knalpot berwarna putih.
Pada mesin diesel modern yang sudah menggunakan high pressure Common rail injector dan dikontrol secara elektronik tidak tampak lagi asap hitam pada saat kedua kondisi mobil yang disebutkan di atas.
Asap hitam yang keluar dari knalpot mesin bensin mengindikasikan campuran bahan bakar yang terlalu banyak.
Saat akselerasi mendadak dapat terlihat sedikit kepulan asap hitam keluar dari knalpot karena campuran bahan bakar saat itu sedikit lebih banyak, namun pada kondisi normal tidak boleh terlihat adanya asap hitam dari knalpot.
Jika knalpot selalu mengeluarkan asap hitam secara terus menerus dan pada bagian dalam ujung pipa knalpot terdapat lapisan karbon yang tebal hal itu mengambarkan bahwa mesin kendaraan bekerja dengan campuran yang terlalu banyak.
Pada mobil-mobil terdahulu yang masih menggunakan karburator, asap hitam karena campuran yang terlalu banyak dapat disebabkan oleh sistem choke yang macet atau tidak disetel dengan tepat, kebocoran dan kerusakan pada sistem pelampung di dalam ruang pelampung karburator, setelan pelampung yang tidak benar (terlalu rendah).
Pada kendaraan terbaru yang sudah menggunakan teknologi injeksi munculnya asap hitam dapat disebabkan oleh kebocoran satu atau lebih Injektor, tekanan bahan bakar yang terlalu tinggi (pressure regulator macet), kerusakan pada Maf Sensor dan oksigen sensor atau kerusakan pada PCM.
Pada mesin diesel, asap hitam sering terjadi pada saat akselerasi. Namun jika hal itu terjadi terus-menerus berarti terlalu banyak suplai bahan bakar yang masuk ke dalam mesin timing Injeksi yang tidak sempurna atau problem pada sistem kontrol injeksi bahan bakar.
Lakukan juga test kompresi untuk memeriksa kondisi keausan piston dan ring piston.
Jika yang terbakar yaitu oli transmisi otomatis maka asap putih yang keluar akan tercium menyerupai oli terbakar.
Untuk memeriksa kemungkinan adanya coolant yang masuk kedalam mesin dan terbakar dapat dilakukan dengan melaksanakan pressure test sistem pendingin biar mengetahui kebocoran internal mesin.
Jika tekanan pressure test turun kemungkinan ada kebocoran dari gasket cylinder head atau cylinder head melengkung.
Jika volume oli transmisi otomatis turun, tambahkan oli dan periksa selang vacuum dari Transmisi apakah di dalamnya terdapat oli. Jika ada oli ganti vacuum modulator Valve pada Transmisi.
Pada mesin yang sudah menggunakan sistem EFI, periksa kondisi pressure regulator, periksa kondisi saringan udara dan periksa apakah ada DTC yang tersimpan di dalam memori ECU.
Jika campuran bahan bakar terlalu banyak sistem OBD akan mengeluarkan DTC menyerupai P0172 atau p1075 dan menyalakan lampu cek engine.
Jika penyebabnya oli yang terbakar kemungkinan harus dilakukan pembongkaran mesin untuk memeriksa kondisi dari seal Valve dan ring piston.
Jika penyebabnya kebocoran coolant ke dalam mesin, maka cylinder head perlu dilepas untuk memeriksa gasket cylinder head dan kondisi cylinder head. Bisa juga dilakukan perbaikan sementara dengan memasukkan cooling system head gasket Sealer yang mampu menambal kebocoran.
Pada mesin yang menggunakan karburator dan mengeluarkan asap hitam, maka lakukan servis karburator dengan menyetel sistem choke dan sistem pelampung. Jika hal tersebut tidak membuahkan hasil maka perlu dilakukan penggantian karburator atau sistem choke.
Pada mesin sistem EFI yang bekerja dengan campuran bahan bakar yang terlalu banyak maka mampu menjadikan asap hitam di knalpot, periksa isyarat DTC apakah berafiliasi dengan tanda kerusakan pada fuel system. Jika scantool yang digunakan dapat menampilkan data display, periksa parameter short and long term fuel trim (STFT and LTFT).
Jika parameter fuel Trim d menyampaikan angka lebih dari -8 berarti campuran bahan bakar terlalu banyak.
Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu memeriksa tekanan bahan bakar dan kondisi fuel pressure regulator.
Jika hasilnya normal, selanjutnya periksa kebocoran injector. Pemeriksaan juga dapat dilakukan dengan melihat kondisi busi apakah elektrodanya berair dan tertutup lapisan karbon untuk mengetahui silinder mesin yang campuran bahan bakarnya terlalu banyak.
Asap tipis putih yang keluar dari knalpot kendaraan di pagi hari merupakan hal yang wajar karena adanya uap air diujung pipa knalpot. Selain itu kalau tampak kepulan asap keluar dari knalpot berarti ada sesuatu yang salah dengan mesin kendaraan tersebut.
Berbagai macam jenis warna asap yang keluar dari knalpot
Asap knalpot berwarna kebiruan
Ini merupakan tanda-tanda bahwa ada oli yang ikut terbakar di dalam silinder mesin. Beberapa kemungkinan penyebabnya antara lain : keausan pada Valve guide dan seal Valve yang mengeras, keausan dan kerusakan pada ring piston, keausan dan kerusakan pada dinding silinder.Oli yang terbakar di dalam silinder juga dapat mengkontaminasi catalityc converter dan oksigen sensor dan meningkatkan konsumsi oli mesin.
Asap knalpot berwarna putih
Asap knalpot yang berwarna putih pekat sebagai indikasi adanya cairan coolant atau oli transmisi otomatis yang masuk dan ikut terbakar di dalam silinder mesin.Jika asap putih tersebut merupakan coolant yang terbakar maka kemungkinan penyebabnya kerusakan gasket cylinder head atau ada retak pada cylinder head itu sendiri.
Jika asap putih tersebut berasal dari oli transmisi otomatis yang terbakar kemungkinan oli transmisi otomatis tersebut terhisap masuk ke dalam mesin melalui vacuum hose yang menuju ke transmisi otomatis.
Sedangkan pada mesin diesel kemunculan asap putih tersebut karena bahan bakar yang tidak terbakar atau dari coolant. Pada suhu yang sangat dingin munculnya asap putih juga mampu dianggap wajar namun biasanya akan segera hilang dikala kendaraan sudah dijalankan.
Timing Injektor yang tidak sempurna dan kompresi salah satu silinder yang rendah juga dapat menghasilkan asap knalpot berwarna putih.
Asap knalpot berwarna hitam
Pada mesin diesel zaman dulu, asap knalpot berwarna hitam biasanya akan muncul pada awal starting dan saat melaksanakan akselerasi mendadak.Pada mesin diesel modern yang sudah menggunakan high pressure Common rail injector dan dikontrol secara elektronik tidak tampak lagi asap hitam pada saat kedua kondisi mobil yang disebutkan di atas.
Asap hitam yang keluar dari knalpot mesin bensin mengindikasikan campuran bahan bakar yang terlalu banyak.
Saat akselerasi mendadak dapat terlihat sedikit kepulan asap hitam keluar dari knalpot karena campuran bahan bakar saat itu sedikit lebih banyak, namun pada kondisi normal tidak boleh terlihat adanya asap hitam dari knalpot.
Jika knalpot selalu mengeluarkan asap hitam secara terus menerus dan pada bagian dalam ujung pipa knalpot terdapat lapisan karbon yang tebal hal itu mengambarkan bahwa mesin kendaraan bekerja dengan campuran yang terlalu banyak.
Pada mobil-mobil terdahulu yang masih menggunakan karburator, asap hitam karena campuran yang terlalu banyak dapat disebabkan oleh sistem choke yang macet atau tidak disetel dengan tepat, kebocoran dan kerusakan pada sistem pelampung di dalam ruang pelampung karburator, setelan pelampung yang tidak benar (terlalu rendah).
Pada kendaraan terbaru yang sudah menggunakan teknologi injeksi munculnya asap hitam dapat disebabkan oleh kebocoran satu atau lebih Injektor, tekanan bahan bakar yang terlalu tinggi (pressure regulator macet), kerusakan pada Maf Sensor dan oksigen sensor atau kerusakan pada PCM.
Pada mesin diesel, asap hitam sering terjadi pada saat akselerasi. Namun jika hal itu terjadi terus-menerus berarti terlalu banyak suplai bahan bakar yang masuk ke dalam mesin timing Injeksi yang tidak sempurna atau problem pada sistem kontrol injeksi bahan bakar.
Cara diagnosa asap knalpot
Asap biru :
Asap ini biasanya dibarengi dengan bau menyerupai "roti bakar" . Periksa jumlah oli mesin pada dipstick oli untuk mengetahui apakah kapasitas oli berkurang secara drastis (Jika oli mesin dibawah tanda LOW segera tambahkan sampai mencapai FULL. ).Lakukan juga test kompresi untuk memeriksa kondisi keausan piston dan ring piston.
Asap putih :
Jika pada gas buang terdapat kandungan coolant yang terbakar maka knalpot akan mengeluarkan asap putih dengan bau yang agak wangi.Jika yang terbakar yaitu oli transmisi otomatis maka asap putih yang keluar akan tercium menyerupai oli terbakar.
Untuk memeriksa kemungkinan adanya coolant yang masuk kedalam mesin dan terbakar dapat dilakukan dengan melaksanakan pressure test sistem pendingin biar mengetahui kebocoran internal mesin.
Jika tekanan pressure test turun kemungkinan ada kebocoran dari gasket cylinder head atau cylinder head melengkung.
Jika volume oli transmisi otomatis turun, tambahkan oli dan periksa selang vacuum dari Transmisi apakah di dalamnya terdapat oli. Jika ada oli ganti vacuum modulator Valve pada Transmisi.
Asap hitam
Pada mesin konvensional yang masih menggunakan karburator, periksa setelan dan kerja dari choke otomatis.Pada mesin yang sudah menggunakan sistem EFI, periksa kondisi pressure regulator, periksa kondisi saringan udara dan periksa apakah ada DTC yang tersimpan di dalam memori ECU.
Jika campuran bahan bakar terlalu banyak sistem OBD akan mengeluarkan DTC menyerupai P0172 atau p1075 dan menyalakan lampu cek engine.
Perbaikan
Perbaikan yang harus dilakukan tergantung pada penyebab munculnya asap di knalpot.Jika penyebabnya oli yang terbakar kemungkinan harus dilakukan pembongkaran mesin untuk memeriksa kondisi dari seal Valve dan ring piston.
Jika penyebabnya kebocoran coolant ke dalam mesin, maka cylinder head perlu dilepas untuk memeriksa gasket cylinder head dan kondisi cylinder head. Bisa juga dilakukan perbaikan sementara dengan memasukkan cooling system head gasket Sealer yang mampu menambal kebocoran.
Pada mesin yang menggunakan karburator dan mengeluarkan asap hitam, maka lakukan servis karburator dengan menyetel sistem choke dan sistem pelampung. Jika hal tersebut tidak membuahkan hasil maka perlu dilakukan penggantian karburator atau sistem choke.
Pada mesin sistem EFI yang bekerja dengan campuran bahan bakar yang terlalu banyak maka mampu menjadikan asap hitam di knalpot, periksa isyarat DTC apakah berafiliasi dengan tanda kerusakan pada fuel system. Jika scantool yang digunakan dapat menampilkan data display, periksa parameter short and long term fuel trim (STFT and LTFT).
Jika parameter fuel Trim d menyampaikan angka lebih dari -8 berarti campuran bahan bakar terlalu banyak.
Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu memeriksa tekanan bahan bakar dan kondisi fuel pressure regulator.
Jika hasilnya normal, selanjutnya periksa kebocoran injector. Pemeriksaan juga dapat dilakukan dengan melihat kondisi busi apakah elektrodanya berair dan tertutup lapisan karbon untuk mengetahui silinder mesin yang campuran bahan bakarnya terlalu banyak.
0 Response to "Menganalisa Kondisi Mesin Mobil Melalui Warna Asap Knalpot"
Post a Comment